Tips Menggadaikan Sertifikat Rumah yang Aman dan Mudah


Saat dalam keadaan yang sangat terdesak dan membutuhkan uang tunai yang jumlahnya tidak sedikit, maka salah satu jalan yang bisa diambil adalah dengan cara menggadaikan sertifikat rumah. Di tambah lagi dengan perusahaan pembiayaan yang saat ini sudah ada banyak sekali dan Anda bisa lebih leluasa untuk menentukan mana yang sesuai dengan kriteria Anda. Tetapi mungkin Anda juga tidak bisa memilihnya dengan sembarangan karena dari sekian banyak perusahaan pembiayaan yang ada di Indonesia bisa dipercaya dan memiliki kualitas yang baik. 

Menggadaikan sertifikat sebuah rumah memang ada beberapa resiko yang bisa Anda dapatkan apabila tidak bisa mendapatkan perusahaan pembiayaan yang baik dan bisa dipercaya. Resikonya sangat besar. Seperti misalnya adalah Anda tidak akan pernah tahu bahwa sertifikat rumah Anda yang digadaikan tersebut bisa saja dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, bila suatu saat Anda sedang mencari tempat untuk menggadaikan sertifikat, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda perhatikan: 

Perhatikan reputasi perusahaan 

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan perusahaan pembiayaan yang memiliki kualitas baik dan aman serta terpercaya adalah dengan memperhatikan reputasi perusahaan yang bersangkutan. Hal ini karena mengingat bahwa yang Anda gadaikan adalah sertifikat rumah maka ada banyak sekali resiko yang bisa Anda dapatkan apabila sampai salah memiliki perusahaan. Jadi bisa saja sertifikat Anda tersebut hilang atau terselip dan bisa juga dimanfaatkan oleh oknum perusahaan yang tidak bertanggung jawab. 

Jangka waktu penebusan 

Selanjutnya yang bisa menjadi perhatian adalah dengan memperhatikan jangka waktu penebusan sertifikat rumah Anda tersebut. Apabila perusahaan pembiayaan hanya mampu memberikan jangka waktu yang sedikit atau pendek, maka nantinya Anda sendiri yang akan kesusahan. Kesusahan dalam artian apabila Anda tidak bisa atau belum mampu untuk menebus sertifikat rumah Anda maka yang menjadi resiko Anda adalah sertifikat rumah Anda aka dilelang dan bila sampai ada yang berani dengan harga mahal. Maka otomatis dan secara sah Anda akan kehilangan rumah Anda. Mengingat fungsi rumah yang sangat penting tersebut, maka jangan sampai Anda mengalami hal-hal seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jangan sampai Anda menyesal dan kehilangan tempat tinggal yang akan membuat hidup Anda terpuruk. 

Jaringan perusahaan 

Selanjutnya yang bisa menjadi perhatian Anda adalah bagaimana jaringan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Anda harus benar-benar tahu bahwa perusahaan tersebut memiliki jaringan yang luas. Seperti misalnya adalah memiliki anak cabang yang banyak. Jika perusahaan yang Anda pilih memiliki jaringan perusahaan yang sangat banyak dan luas, maka bisa dipastikan bahwa perusahaan tersebut terpercaya dan bagus untuk dijadikan sebagai pilihan. Kenapa? Bila cabangnya banyak dan jaringannya juga luas maka bisa dipastikan mereka memiliki banyak nasabah dan otomatis tidak pernah melakukan penipuan pada nasabahnya. Jadi masyarakat banyak yang percaya dengan perusahaan pembiayaan yang bersangkutan. 

Langkah-langkah di atas memang sangat sederhana dan terbilang hanya langkah dasarnya saja untuk mencari tempat menggadaikan sertifikat rumah yang aman. Tetapi Anda juga perlu tahu bahwa selain beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas masih banyak sekali pertimbangan lain yang tidak boleh luput dari pandangan Anda. Seperti misalnya, sebisa mungkin cari tahu perusahaan pembiayaan yang akan Anda pilih tersebut apakah sudah masuk dalam daftar perusahaan pembiayaan yang diawasi oleh otoritas jasa keuangan (OJK) atau bisa juga sudah masuk dalam daftar anggota APPI 

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar