Manfaat Madu Hitam Untuk Stroke


Stroke merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya karena memiliki kaitan dengan sistem saraf pusat pada tubuh. Penyakit ini bisa menimbulkan kerusakan permanen pada organ tubuh dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Salah satu cara untuk mengobati stroke adalah dengan menggunakan madu hitam.

Manfaat madu hitam untuk stroke sudah banyak dibuktikan khasiatnya. Untuk itu, yuk kenali apa itu madu hitam dan apa saja sih kandungan yang dimiliki. Hal ini karena madu memiliki banyak sekali kandungan nutrisi.

Mulai dari mineral, vitamin, asam amino, gula dan bahkan antioksidan yang terdiri dari fenol dan flavonoid. Madu hitam manfaatnya juga jauh lebih baik jika dibandingkan dengan madu biasa karena kandungan fenolnya yang lebih tinggi.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa madu hitam jauh lebih unggul dikarenakan sifatnya yang stabil. Dengan demikian, kandungan zat yang ada di dalamnya juga tidak akan mudah rusak.

Senyawa Penting yang Berperan dalam Madu Hitam

Melihat manfaat madu hitam untuk stroke itu sangat baik, sebenarnya apa saja si senyawa yang ada pada madu ini. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya;

Asam Fenolat 

Senyawa pertama yang ada pada madu hitam adalah Asam fenolat. Ini adalah senyawa terpenting bagi sebuah tumbuhan. Selain itu, jenis senyawa ini juga sangat beragam. Kurang lebih terdapat 8000 jenis asam fenolat yang sudah ditemukan.

Pada tubuh manusia, senyawa ini memiliki peranan sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas pada tubuh. Sedangkan fungsi senyawa ini pada madu hitam berguna sebagai anti inflamasi, anti kanker, menghambat penyempitan pembuluh darah. Karena itu manfaatnya sangat luar biasa untuk stroke.

Flavonoid

Manfaat madu hitam bagi stroke juga terjadi karena adanya kandungan flavonoid yang ada di dalamnya. Flavonoid sudah terbukti dapat menangkal radikal bebas, mencegah penyakit jantung koroner, anti kanker, diabetes dan stroke.
Selain itu, flavonoid juga memiliki fungsi dimana ia dapat melindungi sel saraf dari kerusakan. Oleh sebab itu, madu hitam sangat direkomendasikan sebagai salah satu cara untuk mencegah penyakit stroke.

Dengan kandungan antioksidan yang dimiliki oleh madu ini membuat manfaat madu hitam untuk stroke sangat berkhasiat. Yuk jaga kesehatan dengan cara yang mudah yakni dengan mengonsumsi madu hitam.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar