Manfaat Bawang Hitam Untuk Stroke


Pernahkah Anda mendengar istilah bawang hitam? Biasanya, bawang berwarna putih dan ini merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang banyak digunakan untuk memasak. Nah, ternyata bawang hitam itu ada dan manfaat bawang hitam untuk stroke sangat membantu.

Bawang hitam sendiri dibuat melalui proses fermentasi bawang pada suhu 60 hingga 72 derajat celcius. Proses pengawetan ini dilakukan selama kurang lebih tiga hingga empat minggu. Akibat proses fermentasi ini muncul reaksi asam amino dan gula yang menyebabkan terjadinya perubahan tekstur, warna dan aroma.

Nah, setelah melalui tahapan fermentasi, awang akan berubah rasa menjadi manis dan aromanya tidak menyengat lagi. Bawang hitam ini juga akhirnya memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengobati stroke. Baca juga: Manfaat Madu Hitam Untuk Stroke

Cara Membuat Bawang Hitam

  • Untuk membuat bawang hitam dilakukan sebuah proses fermentasi. Adapun untuk melakukan tahapan ini, terdapat beberapa bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan, yakni:
  • Bawang putih seperlunya
  • Mangkuk 
  • Oven 
  • Minyak kertas alumunium foil.


Langkah-langkah membuat bawang hitam:

  • Langkah pertama, silahkan letakkan bawang putih pada mangkuk tanpa asap kemudian tutup dengan menggunakan kertas alumunium foil
  • Jika sudah, letakkan bawang tersebut beserta dengan mangkuknya ke dalam oven dan panggang dengan suhu 25 hingga 30 derajat dalam waktu 30 hingga 70 hari
  • Jangan lupa untuk selalu mengecek keadaan bawang setiap tujuh hari sekali untuk melihat perubahan suhunya.


Setelah melalui proses di atas, baru deh bawang akan berubah warna menjadi bawang hitam. Tekstur, aroma dan rasanya juga akan berbeda dengan bawang putih sebelumnya.

Mengapa bawang hitam bisa mengobati stroke? Hal ini karena bawang ini memiliki efek kardioprotektif yang dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan jantung. Selain itu, bawang hitam juga memiliki peranan penting dalam hal menurunkan kadar kolesterol.

Alhasil, bawang hitam juga berperan sebagai salah satu upaya untuk mencegah seseorang terkena penyakit darah tinggi dan stroke. Dengan mengonsumsi bawang hitam, baik dimakan secara langsung atau diolah menjadi masakan, maka Anda bisa merasakan sendiri manfaat bawang hitam untuk stroke setelah penggunaan rutin.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar